PROFIL KECAMATAN LUHAK NAN DUO

PROFIL KECAMATAN LUHAK NAN DUO
PETA WILAYAH LUHAK NAN DUO

KONDISI UMUM

Kondisi Geografis

Secara geografis, Kecamatan Luhak Nan Duo memiliki luas 278.000 km2 dengan ketinggian 50 meter diatas permukaan laut. Kecamatan Luhak Nan Duo terletak antara 00 0 0350 LU-00005’18” LS dan 99036’40”BT-99059’25”BT.

Penduduk Luhak Nan Duo berdasarkan data BPS tahun 2010 berjumlah ± 37.409 jiwa. Kecamatan Luhak Nan Duo terdiri atas dua Kanagarian yaitu Nagari Koto Baru dan Nagari Kapa dengan total 14 kejorongan. Jarak Ibu Kota Kecamatan dengan Ibukota Kabupaten ±12 Km.

Luhak Nan Duo memiliki batas-batas antara lain:

Sebelah Utara          : Kecamatan Pasaman

Sebelah Selatan        : Kecamatan Kinali

Sebelah Barat           : Kecamatan Sasak Ranah Pasisie

Sebelah Timur          : Kecamatan Talamau dan Kecamatan Tigo Nagari

Gambar : Peta Administrasi Kecamatan Luhak Nan Duo

 
 

 

Kondisi Pertanian

Secara geografis, Kecamatan Luhak Nan Duo memiliki untuk pertanian dan perkebunan serta potensi perikanan. Sebahagian besar tanaman Tanaman Jagung merupakan tanaman yang uas 278.000 km2 dengan ketinggian 50 meter diatas permukaan laut. Kecamatan Luhak Nan Duo terletak antara 00 0 0350 LU-00005’18” LS dan 99036’40”BT-99059’25”BT.

Penduduk Luhak Nan Duo berdasarkan data BPS tahun 2010 berjumlah ± 37.409 jiwa. Kecamatan Luhak Nan Duo terdiri atas dua Kanagarian yaitu Nagari Koto Baru dan Nagari Kapa dengan total 14 kejorongan. Jarak Ibu Kota Kecamatan dengan Ibukota Kabupaten ±12 Km.

PROFIL KANTOR CAMAT LUHAK NAN DUO

  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI

          Berdasarkan  Peraturan Daerah Kabupaten Pasaman Barat Nomor 9 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kecamatan Kabupaten Pasaman Barat, Kecamatan Luhak Nan Duo berkedudukan sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah yang mempunyai tugas pokok :

Menyelenggarakan tugas umum pemerintahan dan melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah.

Dalam pelaksanaan tugas tersebut Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat berfungsi sebagai :

  1. Mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat,
  2. Mengoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum,
  3. Mengoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan,
  4. Mengoordinasikakn pemeliharaan prasarana dan fasilitas umum,
  5. Mengoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan,
  6. Membina penyelenggaraan kegiatan pemerintahan desa dan/atau nagari,
  7. Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup  tugasnya dan/atau yang belum dapat dilaksanakan pemerintahan desa/nagari.
    1. Visi dan Misi

            Visi berkaitan dengan pandangan ke depan menyangkut ke mana instansi pemerintah harus dibawa dan diarahkan agar dapat berkarya secara konsisten dan tetap eksis, antisipatif, inovativ, serta produktif. Visi merupakan suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan instansi pemerintah.

             Visi Kecamatan Luhak Nan Duo  Kabupaten Pasaman Barat mengacu pada batasan tersebut  dan mengacu pada visi Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, yaitu:

”Terwujudnya peningkatan kesejahteraan masyarakat Luhak Nan Duo melalui penyelenggaraan pemerintahan yang baik dalam suasana kekeluargaan,aman , tertib dan damai

Untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan perlu dijabarkan dalam bentuk misi. Misi adalah sesuatu yang harus diemban atau dilaksanakan oleh instansi pemeritah, sebagai penjabaran visi yang telah ditetapkan. Dengan pernyataan misi diharapkan seluruh anggota organisasi dan pihak yang berkepentingan dapat mengetahui dan mengenal keberadaan dan peran serta instansi pemerintah dalam penyelenggaraan negara.

                Misi Kecamatan Luhak Nan Duo  Kabupaten Pasaman Barat ditetapkan sebanyak 4  (empat) misi  sebagai berikut:

  1. Mewujudkan kinerja penyelenggara pemerintahan yang baik dengan orientasi pelayanan publik yang prima
  2. Mewujudkan peningkatan peran pemberdayaan masyarakat serta pembinaan penyelenggaraan pemerintahan nagari
  3. Meningkatkan peran dalam membangun keamanan, ketertiban serta pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum
  4. Meningkatkan penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan.

Tujuan dan Sasaran Strategis

          Tujuan adalah sesuatu (apa) yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu 1 (satu) sampai dengan 5 (lima) tahunan. Tujuan ditetapkan dengan mengacu pada pernyataan visi dan misi serta didasarkan pada isu dan analisis strategis. Adapun Tujuan dari Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat adalah :

  1. Menyelenggarakan pemerintahan yang baik  dengan pelayanan publik yang prima serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat
  2. Membangun ketentraman dan ketertiban umum serta penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan

            Sasaran adalah hasil yang akan dicapai secara nyata oleh instansi pemerintah dalam rumusan yang lebih spesifik, terukur, dalam kurun waktu yang lebih pendek dari tujuan. Sasaran diupayakan untuk dapat dicapai dalam kurun waktu tertentu/tahunan secara berkesinambungan sejalan dengan tujuan yang ditetapkan dalam rencana strategis. Adapun sasaran strategis dari Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat adalah :

  1. Terlaksananya penyelenggaraan pemerintahan yang efisien dan efektif
  2. Meningkatnya kualitas pelayanan publik dan penyelenggaraan administrasi kependudukan baik
  3. Meningkatnya penyelenggaraan pembinaan pemerintah nagari serta pemberdayaan masyarakat
  4. Terjaganya keamanan dan ketertiban masyarakat melalui penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan

Sesuai dengan Peraturan Bupati Pasaman Barat 30 Tahun 2008 tentang Tugas Pokok dan Fungsi Eselon III pada Kecamatan Kabupaten Pasaman Barat bahwa Kecamatan Luhak Nan Duo memiliki Tugas Pokok dan Fungsi sesuai dengan struktur organisasinya sebagai berikut:

  • Camat
  1. Camat mempunyai tugas melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh kepala daerah untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah;
  2. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana tersebut pada ayat (1) Camat mempunyai fungsi sebagai berikut:
    1. Mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat;
    2. Mengoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban  umum;
    3. Mengoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan;
    4. Mengoordinasikan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
    5. Mengoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan;
    6. Membina penyelenggaran pemerintahan nagari;
    7. Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan/atau yang belum dapat dilaksanakan pemerintahan nagari;
    8. Melaksanakan urusan pemerintahan di bidang perizinan,koordinasi, rekomendasi, pembinaan, pengawasan, fasilitasi, penetapan dan penyelengaraan urusan di wilayah kerjanya.
    9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan
  • Sekretariat
  1. Sekretaris camat mempunyai tugas membantu camat dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintahan dan memberikan pelayanan administrasi kepada seluruh perangkat/aparatur kecamatan;
  2. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana tersebut pada ayat (1), sekretaris camat mempunyai fungsi sebagai berikut:
    1. Menyelenggarakan administrasi secara umum;
    2. Menyelenggarakan administrasi kepegawaian;
    3. Menyelenggarakan administrasi keuangan;
    4. Menyelenggarakan pembinaan kearsipan;
    5. Menyelenggarakan pelayanan umum;
    6. Memberikan pelayanan administrasi terhadap pimpinan dan kepada perangkat kecamatan;
    7. Memfasilitasi penyelenggaraan rapat-rapat dinas;
    8. Mengkordinasikan tugas antar seksi ;
    9. Menyusun rencana dan program kerja kecamatan;
    10. Dan melakukan pengendalian dan pelaporan;
    • Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
      1. Menyiapkan pedoman pelaksanaan tugas dan kegiatan atau Standard Operating Procedure (SOP)
      2. Mengendalikan surat masuk, keluar dan kearsipan;
      3. Melaksanakan pengendalian administrasi barang dan perlengkapan dinas;
      4. Merencanakan kebutuhan dan perlengkapan dinas;
      5. Memeprsiapkan bahan pelaksanaan, pengadaan, penyaluran, pemakaian, penggunaan dan  penghapusan barang inventaris;
      6. Meyiapkan bahan administrasi penggunaan dan pemakaian barang inventaris;
      7. Menyiapkan administrasi pengaturan urusan rumah tangga, keamanan kantor dan lingkungan serta rumah dinas;
      8. Mengatur pelaksanaan penggunaan dan pemakaian barang inventaris;
      9. Membuat rencana dan program kerja sub bagian umum dan kepegawaian;
      10. Melaksanakan tugas keprotokolan dinas;
      11. Menyiapkan bahan pembuatan DP-3 setiap pegawai;
      12. Menginventaris dan mengelola data kepegawaian dinas;
      13. Mempersiapkan rencana kebutuhan pegawai dinas;
      14. Mempersiapkan bahan  usulan kenaikan pangkat, gaji berkala pegawai;
      15. Mempersiapkan bahan mutasi, cuti, pensiun dan pemberhentian PNS;
      16. Mempersiapkan administrasi atas pelanggaran disiplin;
      17. Mempersiapkan pengembangan pegawai untuk mengikuti pendidikan dan latihan;
      18. Menyusun perencanaan tentang kesejahteraan pegawai;
      19. Mengkoordinir kehadiran pegawai;
      20. Membuat laporan kepegawaian dan daftar urut kepangkatan (DUK);
      21. Mempertanggungjawabkan kegiatan subbag yang telah dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku;
      22. Menyusun laporan pelaksanaan tugas dan kegiatan yang telah ditetapkan;
      23. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.
    • Sub Bagian Pelayanan Umum
      1. Menyiapkan pedoman pelaksanaan tugas dan kegiatan atau Standard Operating Procedure (SOP);
      2. Menyusun standar, norma dan prosedur pelayanan umum;
      3. Menyiapkan bahan dan petunjuk teknis pelayanan umum;
      4. Mengelola perizinan sesuai dengan kewenangan yang dilimpahkan kepala daerah;
      5. Memberikan pelayanan perizinan dan nono perizinan;
      6. Menyiapkan rekomendasi perizinan;
      7. Melakukan survey atas permohonan perizinan;
      8. Memberikan pelayanan umum lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
      9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.
    • Sub Bagian Keuangan
      1. Menyiapkan pedoman pelaksanaan tugas dan kegiatan atau Standard Operating Procedure (SOP);
      2. Menyusun program dan rencana pengelolaan keuangan berdasarkan ketentuan yang berlaku;
      3. Mempelajari dan menelaah peraturan keuangan;
      4. Menyusun rencana kegiatan belanja langsung dan tidak langsung;
      5. Memproses Dokumen Pelaksaan Anggaran;
      6. Menyusun Daftar Isian Kegiatan (DIK);
      7. Menyelenggarakan pelayanan administrasi keuangan;
      8. Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait dalam pelasanaan kegiatan;
      9. Menyiapkan bahan pertanggungjawaban dan menyiapkan laopran keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
      10. Menyiapkan dan memelihara dokumen keuangan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku;
      11. Melaksanakan penatausahaan keuangan;
      12. Menyusun laporan bulanan, triwulan dan tahunan keuangan sesuai dengan peraturan yang berlaku sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas;
      13. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.
  • Seksi Pemerintahan
  1. Menyiapkan pedoman pelaksanaan tugas dan kegiatan atau Standard Operating Procedure (SOP);
  2. Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, petunjuk teknis dibidang pemerintahan umum;
  3. Menyiapkan bahan koordinasi ditingkat kecamatan;
  4. Melakukan pembinaan dan penyelenggaraan administrasi dibidang keagrarian;
  5. Menghimpun dan melaporkan data mutasi penduduk dan catatan sipil;
  6. Membina penyelenggaraan pemerintahan nagari;
  7. Memfasilitasi penyelesaian masalah pertanahan;
  8. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.
  • Seksi Ekonomi Pembangunan
    1. Menyiapkan pedoman pelaksanaan tugas dan kegiatan atau Standard Operating Procedure (SOP);
    2. Menyiapkan petunjuk teknis pelaksanaan pembinaan perekonomiaan masyarakat;
    3. Mengawasi, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan bantuan-bantuan penguatan modal usaha secara langsung dari pemerintah kepada masyarakat;
    4. Melakukan inventarisasi potensi ekonomi daerah;
    5. Membina usaha kecil dan usaha keluarga sebagai kegiatan Wirausaha;
    6. Melaksanakan pembinaan dan pengawasan dalam pengelolaan pasar, lembaga ekonomi masyarakat dan badan usaha milik nagari;
    7. Menyiapkan petunjuk teknis rapat koordinasi pembangunan (rakorbang) nagari;
    8. Menyiapkan bahan pelaksanaan rekorbang ditingkat kecamatan;
    9. Memfasilitasi dan membina pelaksaan rekorbang di tingkat nagari;
    10. Menyusun dan melaporkan hasil rekorbang tingkat kecamatan ke kabupaten;
    11. Mengoordinir penyelengaraan kegiatan pembanginan di kecamatan;
    12. Mengawasi pelaksanaan seluruh kegiatan pembangunan baik fisik maupun non fisik di kecamatan;
    13. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.
  • Seksi Kesejahteraan Rakyat
          1. Menyiapkan pedoman pelaksanaan tugas dan kegiatan atau Standard Operating Procedure (SOP);
          2. Menyiapkan bahan pembinaan peningkatan derajat kesejahteraan masyarakat;
          3. Menyiapkan bahan pembinaan masalah-masalah sosisal seperti : penyandang cacat, tuna wisma, anak terlantar, panti asuhan, dan lain-lain dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat;
          4. Mengoordinasikan kegiatan-kegiatan di bidang pendidikan;
          5. Mengoordinasikan kegiatan-kegiatan di bidang keagamaan;
          6. Melakukan pendataan dan inventarisasi maslah-maslah sosial kemasyarakart;
          7. Menyelenggaraan pembinaan pemberdayaan perempuan;
          8. Membina organisasi sosial kemasyarakatan;
          9. Mengoordinasi kegiatan dampak bencana alam;
          10. Melaksanakan pembinaan akan terselenggaranya pengembangan seni budaya, seni tradisional dan modern;
          11. Mengawasi pelaksaan bantuan sosial bagi penyandang masalah sosial;
          12. Merekomendasi bantuan sosial dan bantuan keagamaan;
          13. Melaksanakan tugas lain yang di berikan atasan.
  • Seksi Ketentraman dan Ketertiban
  1. Menyiapkan pedoman pelaksanaan tugas dan kegiatan atau Standard Operating Procedure (SOP);
  2. Menyiapkan bahan penyusun kebijakan pembinaan ketentraman dan ketertiban diwilayah Kecamatan;
  3. Mengoordinasikan terciptanya ketentraman dan ketertiban diwilayah Kecamatan;
  4. Memantau pelaksanaan kebijakan ketentraman dan ketertiban diwilayah Kecamatan;
  5. Mencatat dan melaporkan setiap kejadian di wilayah Kecamatan;
  6. Melakukan pencegahan secara preventif dan represif terhadap kemungkinan terjadinya gangguang ketentraman dan ketertiban umum;
  7. Melaksanakan pengawasan dan penanggulngan Penyakit  Masyarakat (PEKAT);
  8. Berkoordinasi dengan Instansi terkait atau Lembaga non formal lainnya dalam penanggulangan terjadinya gangguan ketentraman dan ketertiban umum ditengah-tengah masyarakat;
  9. Memfasilitasi penyelesaian perselisihan antar masyarakat;
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.
  1. STRUKTUR ORGANISASI

            Struktur  organisasi Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat ditetapkan dengan  Peraturan Daerah Kabupaten Pasaman Barat Nomor 7 Tahun 2008, dengan susunan organisasi sebagai berikut:

  • Camat
  • Sekretariat
    • Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
    • Sub Bagian Pelayanan Umum
    • Sub Bagian Keuangan
  • Seksi Pemerintahan
  • Seksi Ekonomi Pembangunan
  • Seksi Kesejahteraan Rakyat
  • Seksi Ketentraman dan Ketertiban
  • Camat                                                   : AHMAF HANIF, S.IP
  • Sekretaris                                                       : SUTRISNO, S.Kom
  • Kasubag Umum dan Kepegawaian                    : YUSDI, A.Md
  • Kasubag Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan : HARIONO, A.Md                   
  • Kepala Seksi Tata Pemerintahan                                : SUHENDRI
  • Kepala Seksi Adm Kependudukan              : RISNAIDA SITUMEANG
  • Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan                : NASAKTI, SP
  • Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban             : SETYO BUDI, SH
  • Kepala Seksi Kesra dan Pelayanan Umum             : YULIASNI, SE

Nama-Nama Camat dan Masa Jabatannya:

    1. Drs. Joko Rivanto, M.Si                      2003-2004
    2. Drs. Afrizal Azhar, M.Si                      2004-2005
    3. Zulkifli, BA                                       2005-2006
    4. Yudesri, S.IP,M.Si                             2006-2008
    5. Yuhenri, SH                                     2008-2010
    6. Yanuardi, SH                                    2010-2011
    7. MASHUD,SH                                     2011-
    8. AHMAD HANIF, S.Ip

 

  1. SUMBER DAYA APARATUR

                       Jumlah sumber daya aparatur Kecamatan Luhak Nan Duo keadaan pada tanggal  1 Januari 2012 adalah sebanyak 17 orang, dan pada tanggal 31  Desember 2011 adalah sebanyak 15 orang  dengan golongan sebagai berikut:

Golongan

(Pegawai Negeri/Honor)

Keadaan 1 Juni 2020

(orang)

Keadaan 31 Desember 2019 (orang)

IV

-

2

III

7

8

II

4

4

I

-

-

Honor

4

4

Jumlah

15

16

Latar belakang pendidikan aparatur yaitu:

Pendidikan

Keadaan 1 Juni 2020

(orang)

Keadaan 31 Desember 2019 (orang)

S3

-

-

S2

-

-

S1

3

4

D III

1

1

D II

-

-

D I

-

-

SLTA

10

10

SLTP

1

1

SD

-

-

Jumlah

15

16