SAGETUN - ALAT PENYIANG GULMA PADI INOVATIF KARYA SUHARDI-BERPERAN MENINGKATKAN PRODUKSI PADI

SAGETUN merupakan alat sederhana teknologi tepat guna bidang pertanian karya inovasi salah watu warga Kejorongan Mahakarya, Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo yang bernama SUHARDI. Pria lulusan SLTA di simpang empat ini, berprofesi sehari-hari sebagai petani padi. Berbekal pengalamannya dalam bidang pertanian padi dan upayanya dalam meningkatkan produktifitas hasil panen padi, maka Suhardi berinovasi dengan membuat alat penyiang gulma padi. Dengan alat ini maka gulma yang tumbuh dan menggangu tanaman padi dapat diatasi. 

Sistem kerja alat Sagetun ini dengan memadukan mesin potong rumput yang kerap digunakan masyarakat dengan alat yang Suhardi ciptakan.

Sagetun ini, selain digunakan untuk kebutuhan pertanian padi miliknya, Suhardi pun menerima pemesanan alat tersebut bagi masyarakat yang berminat dan membutuhkan. Pemesanan dapat menghubungi nomor Suhardi berikut 082286380190.

Atas temuannya tersebut, Suhardi telah mendapatkan pernghargaan dari Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, karena atas sumbangsihnya telah membantu giat produktifitas pertanian padi.

Sagetun karya Suhadi telah merambah pemasaran hingga ke tanah Jawa, bahkan telah go internasional ke negeri jiran Malaysia. (tim kerja LND)